√ Cara Memperbaiki dan Mengulang Nilai E di UT (100% Bisa Lulus) - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki dan Mengulang Nilai E di UT (100% Bisa Lulus)

Cara memperbaiki atau mengulang nilai mata kuliah yang tidak tuntas atau E di Universitas Terbuka akan kami ulas secara lengkap pada postingan ini. Tentunya ini akan menjadi pembahasan yang menarik untuk teman-teman Mahasiswa UT, terutama yang sedang bermasalah dengan nilainya.

Menjadi seorang Mahasiswa Universitas Terbuka memang di tuntut untuk mandiri, tidak bergantung pada orang lain. Karena segala informasi dan fasilitas di Universitas Terbuka bisa Anda akses melalui online. Tak terkecuali dengan informasi terkait nilai-nilai yang bermasalah atau nilainya belum tuntas mendapatkan nilai E.

Cara Memperbaiki dan Mengulang Nilai E di UT

Jika seorang Mahasiswa masih memiliki nilai E pada mata kuliah tertentu tentu akan menghambat kelulusannya. Mahasiswa tersebut tidak akan dinyatakan lulus jika masih ada nilai E pada semester tertentu. Faktor penyebab Mahasiswa bisa mendapatkan nilai E tentu banyak faktor, bisa dari kesalahan Mahasis tersebut, bisa dari kesalahan Dosen atau Tutor yang mungkin salah dalam administrasi, atau mungkin kesalahan sistem, dan lainnya.

Namun dari banyaknya kemungkinan yang terjadi, tentunya kita tidak bisa menebak satu persatu, ada hal awal yang perlu kita lakukan untuk mengetahui kenapa bisa mendapatkan nilai E dan bagaimana cara memperbaiki nilai E agar bisa tuntas.

Cara Mengulang Nilai E di Universitas Terbuka

Sebelum kita membahasan bagaimana cara mengulang nilai mata kuliah E di Universitas Terbuka, alangkah baiknya jika terlebih dahulu kita cari tahu ada penyebab nilai pada mata kuliah tersebut tidak tuntas atau bisa E.

Cara termudah yang bisa Anda lakukan ialah dengan menghubungi Admin pusat melalui Ticketing. Cara sebagai berikut :

#1. Silahkan Anda buka alamat : http://hallo-ut.ut.ac.id/create/ticket
#2. Lengkapi data dengan mengisi topik Nilai, silahkan lihat contoh pada gambar berikut :



#3. Masukan atau lampirkan juga daftar nilai Anda yang mendapatkan nilai E pada bagian isian Attachment.
#4. Setelah semua data lengkap, silahkan klik Kirim.

Disini Anda akan menunggu 1x24 Jam untuk mendapatkan jawaban, sebagainya, kita tunggu saja, agar lebih jelas permasalahannya.

Jika Anda sudah mengetahu apa permasalahannya, kenapa Anda bisa mendapatkan nilai E? Tentu akan lebih jelas, dan lega untuk memulai mengulang atau memperbaiki nilai tersebut.

Dan berikut mari kita bahas, bagaimana cara mengulang atau memperbaiki nilai E agar bisa lulus.

Misalkan pada semester ini ada salah satu Mata Kuliah yang Anda ikuti mendapatkan nilai E, dan Anda sudah tahu apa permasalahannya, kenapa bisa mendapatkan nilai E. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah segera mengulang Mata Kuliah tersebut melalui SUO (Sistem ujian Online) atau mengulang pada Semester berikutnya dengan meregistrasi mata kuliah tersebut.

Untuk SUO (Sistem Ujian Online) sendiri harus segera Anda urus dan mendaftarkan, karena SUO sendiri memiliki Kuota, dimana jika Kuotanya sudah penuh Anda tidak bisa lagi mengikuti SUO pada Semester berjalan, harus menunggu semester berikutnya.

Kenapa Anda harus segera mengulang dengan mengikuti SUO, karena nilai tutorial yang Anda ikuti pada Semester ini akan di anggap atau di tambahkan dengan hasil nilai SEO Anda. Nilai tutorial masih berlaku. Berbeda jika Anda mengulang Mata Kuliah tersebut pada Semester berikutnya, nilai tutorial yang Anda ikuti pada Semester tersebut tidak akan di hitungkan lagi, makanya kami sarankan untuk langsung mengikuti SOU.

Baca juga :

Mengulang Mata Kuliah dengan mengikuti UAS. Hal ini bisa langsung Anda lakukan dengan mendaftar atau meregistrasi Mata Kuliah tersebut dan mengikuti Ujiannya pada Semester selanjutnya, namun Anda harus melihat jadwalnya di Katalog, apakah jadwal ujian tidak bertumburan degan mata kuliah lainnya. Jika tidak bertumburan maka Anda bisa mengikuti atau meregistrasi Mata Kuliah tersebut.

Selanjutnya, hal yang perlu Anda lakukan adalah belajar. Tentu belajar adalah hal yang wajib Anda lakukan, jika ingin memahami materi-materi pada Modul Kuliah Anda.
Pelajari juga Soal SUO UT yang telah kami bagikan pada situs ini, cari soal-soal sesuai dengan jurusan yang Anda tempuh.

Baca juga : Cek Nilai Ujian SUO UT Online

Sudah mengulang mata kuliah tersebut sebanyak 3 sampai 4 kali, namun tetap saja tidak berubah nilai E!

Jika Anda sudah mengulang nilai E tersebut sebanyak 3 sampai 4 kalu namun hasilnya tidak juga berubah. Maka hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah mengerjakan TUGAS MATAKULIAH (TREATMENT).

Hal ini biasanya akan di informasikan kepada masing-masing Mahasiswa untuk pemberian tugas akhir karena Mahasiswa tersebut tidak juga lulus mata kuliah nilai E. Maka solusi terakhir dari UT ialah memberikan TUGAS MATAKULIAH (TREATMENT).

Lihat Juga:
Biasanya jadwal pemberian tugas akan di inforkan oleh Pokja ratai UPBJJ UT daerah Anda. Dan setelah Anda menyelesaikan tugas ini Anda akan dinyatakan lulus.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengulang atau memperbaiki nilai Anda, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk berbagi pada teman Anda yang lainnya dengan cara share artikel ini.