√ Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 3 4 5 13 16 18 Soal Aktivitas Bab 1 Semester 1 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 3 4 5 13 16 18 Soal Aktivitas Bab 1 Semester 1 Buku Siswa

Kumpulan kunci jawaban soal aktivitas PAI kelas 10 (X) halaman 3, 4, 5, 13, 16, 18 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab 1 semester 1 buku pelajaran siswa kurikulum 2013 revisi. Kami menyediakan jawaban ini supaya teman-teman terbantu dalam menjawab soal-soal pada tugas sekolah.

Kami menyadari akan pentingnya alternatif jawaban seperti ini dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Karena dalam menjawab soal-soal pada tugas sekolah, pasti akan didapati soal-soal yang dianggap sulit, sehingga belum bisa menemukan jawaban yang tepat di buku pelajaran.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 3, 4, 5, 13, 16, 18

Sesulit apapun soal-soal tersebut, tentu harus tetap dijawab oleh siswa agar tugas sekolah bisa diselesaikan dan dikumpulkan kepada guru. Maka hal yang pasti dilakukan siswa untuk menjawab soal-soalnya adalah dengan mencari jawaban diluar buku pelajaran seperti internet.

Maka wajar jika sekarang ini banyak siswa yang mencari alternatif jawaban di internet, agar soal-soal tersebut dapat dijawab dan diselesaikan. Inilah yang menjadi salah satu alasan kami untuk turut serta dalam menyediakan kunci jawaban PAI kelas 1 halaman 3, 4, 5, 13, 16, 18 ini.

Dengan adanya alternatif jawaban ini, tentunya teman-teman dapat segera menyelesaikan tugas-tugas sekolah, sehingga nantinya tugas tersebut bisa dikumpulkan kepada guru untuk dapat dikoreksi dan dinilai. Maka silahkan teman-teman manfaatkan dengan baik jawaban ini.

Baca Juga : Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 19-20

Jawaban yang kami sediakan ini merupakan jawaban terbaik, yang kami ambil dari berbagai sumber, seperti buku pelajaran dan blog-blog pendidikan serta pemahaman kami sendiri. Kami menyadari jika jawaban menjadi hal yang sangat penting dalam meraih nilai yang tinggi. Oleh sebab itu kami selalu berupaya menyediakan jawaban terbaik buat teman-teman.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 3-18

Seperti yang sering kami jelaskan kepada teman-teman, bahwa nilai dari tugas-tugas sekolah cukup penting dalam membantu meningkatkan nilai akhir pada raport semester. Untuk itu teman-teman perlu mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan maksimal dan berloma untuk mendapatkan nilai terbaik.

Jawaban yang kami sediakan ini merupakan jawaban pilihan, namun demikian kami selalu menyampaikan dan menyarankan teman-teman agar tetap teliti dan selalu mengecek jawabannya sebelum teman-teman salin kebuku tugas. Dengan begitu teman-teman akan lebih maksimal lagi dalam mengerjakan tugas tersebut.

Selain nilai dari tugas-tugas sekolah, teman-teman juga harusnya bisa meraih nilai terbaik dari beberapa kegiatan lainnya, seperti penilaian harian, akhir semester, penilaian akhir tahun dan tugas peraktek. Untuk itu persiapkan diri dari sekarang dengan lebih giat belajar.

Nah berikut ini, silahkan teman-teman lihat dan gunakan dengan bijak kunci jawaban soal PAI kelas 10 halaman 3, 4, 5, 13, 16, 18 yang telah kami sediakan. Semoga jawaban ini bisa menjadi jalan bagi teman-teman dalam meraih nilai yang bagus pada setiap tugas sekolah yang dikumpulkan kepada guru.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 3

Aktivitas 1
Kamu tentu pernah mengalami sakit atau musibah baik ringan atau berat. Ceritakan pengalamanmu. Bagaimana cara kamu menyikapi kehadiran Allah Swt. saat terkena musibah? Apakah Allah Swt. akan hadir dengan pertolongan-Nya, ataukah Allah Swt. akan membiarkanmu dalam kesusahan?

Penyakit yang diderita seseorang tentu merupakan cobaan dari Allah SWT, atau mungkin azab. Ketika saya menderita suatu penyakit, satu yang menjadi kunci bagi saya untuk dapat menerima cobaan itu, yaitu ' tidak mengeluh '. Karena, seseorang yang tidak mengeluh ketika sedang menerima cobaan dari Allah, maka ia akan mendapat keringanan siksa neraka. Saya meyakini, Allah tidak akan membiarkan hamba-Nya dalam kesusahan, pada akhirnya Dia akan memberikan pertolongan dan kenikmatan.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 4

Aktivitas 2
Sebutkan kesalahan-kesalahan yang sering kamu lakukan. Bagaimana upaya kamu agar kesalahan tersebut tidak terulang lagi? Sebutkan sebanyak-banyaknya dengan sebenar-benarnya.

Membiarkan hal-hal sepeleh. contoh:
Mengabaikan pekerjaan rumah karena dianggap ringan. Alhasil, kita menjadi lupa, dan menimbulkan masalah baru. Jadi, Jangan pernah menganggap sepeleh perkerjaan/menunda perkerjaan. Jauhkan diri dari sifat Pemalas.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 5

Aktivitas 3
Untuk memperkuat penjelasan di atas, carilah dalil lain baik yang ada di dalam ayat al-Qur’an maupun Hadis tentang al-Asma’u al-Husna.

Dalil Al qur'an mengenai asmaul husna salah satunya adalah surah al a'raf ayat 180. Dalil dari Hadiat yang berkaitan dengan asmaul husna adalah hadist doiriwyatkan oleh imam musli, imam ahmad dan imam bukhari.

Pembahasan:
Asmaul husna merupakan nama-nama Allah yang sangat baik. Kalimat Asmaul husna tersebut dalam ayat al qur'an yaitu pada surah al a'raf ayat 180

Firman Allah dalam surah al a'raf ayat 180:

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۖ

Terjemahan ayat:
Dan Allah memiliki Asma'ul-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma'ul-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 13

Aktivitas 4
Kamu tentu telah memahami makna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al- Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-akhir. Carilah ayat-ayat al-Qur’an atau hadis Nabi saw. yang menjelaskan sifat Allah Swt. dalam al-Asma’u al- Husna.

Ayat-ayat al-Qur’an atau hadis Nabi saw yang menjelaskan sifat Allah Swt. dalam al-Asma’u al- Husna:

  • Al karim : Q.S. An Naml ayat 40
  • Al mu'min : Q.S. Al Hasyr ayat 23
  • Al wakil : Q.S. Al An'am ayat 102
  • Al matin : Q.S. Adz dzariyat ayat 58
  • Al jami' : Q.S. As Saba
  • Al adl : Q.S. Al An'am ayat 115
  • Al akhir : Q.S. Al Hadid ayat 3

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 16

Aktivitas 5
Dari kisah Nabi Ibrahim as. di atas, banyak pelajaran yang dapat kita ambil. Apa saja hikmah yang terkandung di dalamnya? Coba kemukakan. Realisasikan keimananmu kepada Allah Swt. dalam kehidupanmu seharihari.

Hikmah yang terkandung didalamnya:

  • Selau tabah dalam menghadapi berbagai cobaan;
  • Bersyukur atas nikmat Allah;
  • Beramal sholeh dan mengerjakan kebajikan;
  • Dan patuh atas perintah orang tua.

Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 18

Aktivitas 6
Melalui pengamatan, baik di lingkungan keluarga, sekolah, atau mayarakat, sebutkan perilaku yang mencerminkan mengimani dan meneladani sifat Allah Swt. dalam Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al- Matin, al-Jimi’, al-‘Adl, dan al-Ãkhir (masing-masing satu contoh dan boleh lebih dari satu).

Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al-Matin, Al-Jami, Al-Adl, dan Al-Akhir adalah nama-nama asmaul husna Allah SWT yang masing-masingnya mengandung arti tertentu. Semua asmaul husna pada soal tersebut di atas wajib diketahui umat islam dan wajib pula diamalkan dalam perilaku sehari-hari.

Pembahasan:
Berikut adalah contoh masing-masing perilaku dari asmaul husna tersebut pada soal:

  • Contoh perilaku Al-Karim (Maha Pemurah), gemar bersedekah dan berinfak, menyumbangkan pakaian layak pada korban bencana alam, membantu dan menolong orang lain yang membutuhkan.
  • Contoh perilaku Al-Mu’min (Maha Memberi Rasa Aman), menenangkan teman yang sedih dan ketakutan, membantu membimbing teman belajar agar ia tidak takut menghadapi ujian, membela teman yang dibully, dan lain sebagainya.
  • Contoh perilaku Al-Wakil (Maha Memelihara), merawat dan memelihara orang tua ketika mereka sudah renta, memelihara anak yatim apabila mampu.
  • Contoh perilaku Al-Matin (Maha Kokoh), menjadi pribadi yang kuat dalam menghadapi cobaan.
  • Contoh perilaku Al – Jami' secara Bahasa memiliki arti Yang Maha Mengumpulkan/ Menghimpun, ialah bahwa Allah Ta'ala Maha Mengumpulkan / Menghimpun seluruh sesuatu yang tersebar.

Download Soal dan Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 3-18

Untuk menunjang kegiatan belajar teman-teman di rumah, kami sudah menyediakan soal-soal dan kunci jawaban diatas dalam format dokumen PDF. Teman-teman dapat menyimpannya di ponsel untuk dipelajari kembali atau teman-teman cetak. Berikut ini silahkan langsung diunduh melalui linknya.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 153kb

Setiap siswa ingin mendapatkan nilai yang bagus dari tugas-tugas yang dikerjakannya. Namun untuk bisa mewujudkan hal tersebut, teman-teman harus menjawab soal-soalnya dengan jawaban yang benar dan tepat. Dengan memanfaatkan alternatif jawaban ini, mudah-mudahan teman-teman bisa mewujudkan keinginan tersebut.

Namun meskipun begitu, kami selalu mengingatkan teman-teman, agar selalu teliti dalam mengerjakan soal-soalnya. Sebelum teman-teman menulis jawaban yang kami sediakan ini ke buku tugas, pastikan terlebih dahulu teman-teman mengecek jawaban tersebut dan menyesuaikan dengan soal-soalnya.

Lihat Juga : Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 2, 3, 4, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13

Bisa mendapatkan nilai yang bagus dari tugas-tugas sekolah tentu menjadi suatu prestasi yang baik bagi siswa. Dan nilai-nilai yang didapatkan dari tugas sekolah biasanya akan guru catat pada buku nilai, untuk kemudian pada akhir semester semua nilai tersebut akan guru rekap dan hitung.

Selain nilai dari tugas-tugas sekolah, nilai dari kegiatan penilaian harian, akhir semester dan nilai dari penilaian akhir tahun juga sangat penting bagi teman-teman. Karena nilai-nilai tersebut akan sangat menentukan sekali untuk kenaikan kelas teman-teman nantinya.

Maka persiapkanlah diri teman-teman dari sekarang, perbanyak belajar di rumah dan manfaatkan juga soal-soal latihan yang sudah dilengkapi jawaban seperti ini sebagai bahan belajar teman-teman di rumah. Dengan begitu, mudah-mudahan teman-teman bisa meraih nilai terbaik.

Sekian ulasan kami untuk kunci jawaban soal aktivitas PAI kelas 10 halaman 3, 4, 5, 13, 16, 18 ini. Kami berharap teman-teman dapat memanfaatkan jawaban diatas dengan baik, sehingga teman-teman bisa segera menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 3 4 5 13 16 18 Soal Aktivitas Bab 1 Semester 1 Buku Siswa"