√ Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 5 7 9 19 Aktivitas Siswa Bab 1 Semester 1 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 5 7 9 19 Aktivitas Siswa Bab 1 Semester 1 Buku Siswa

Kumpulan kunci jawaban soal latihan aktivitas siswa PAI kelas 9 halaman 5, 7, 9, 19 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab 1 semester 1 buku siswa kurikulum 2013 revisi. Dengan adanya jawaban ini, kami berharap teman-teman tidak kesulitan lagi dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Kami memahami akan pentingnya alternatif jawaban bagi sebagian siswa. Karena memang dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, tidak semua soal mudah untuk dijawab, dan jawabannya ada di buku pelajaran. Terkadang ada soal yang harus dijawab dengan pendapat sendiri.

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 5, 7, 9, 19

Bahkan ada soal yang jawabannya tidak ada pada buku pelajaran, yang mengharuskan siswa mencari jawaban diluar buku pelajaran, seperti internet. Maka wajar jika sekarang ini alternatif jawaban masih menjadi hal penting bagi sebagian siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Kami melihat hal tersebut, dan mencoba untuk ikut andil dalam menyediakan kunci jawaban tersebut. Dan pada kesempatan inipun kami berusaha untuk menyediakan kunci jawaban PAI kelas 9 halaman 5, 7, 9, 19. Semoga jawaban yang kami sediakan ini bisa membantu para siswa yang tengah kesulitan menjawab soal-soal pada tugas sekolah.

Baca Juga : Kunci Jawaban PAI Kelas 9 22 23 24

Kami mencari jawaban dari berbagai sumber, baik pubuku pelajaran, internet dan pemahaman kami sendiri. Kami cukup yakin dengan jawaban yang kami sediakan ini, bisa menjadi jawaban pilihan yang benar dan tepat. Untuk itu silahkan teman-teman lihat dan gunakan dengan baik.

Namun meskipun begitu, kami tetap mengingatkan dan menyarankan teman-teman siswa. Sebelum menggunakan jawaban kami ini, pastikan teman-teman tetap berusaha mencari jawabannya, atau menjawab soal-soalnya. Dengan begitu, setidaknya teman-teman tidak sepenuhnya bergantung dengan alternatif jawaban.

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 5-19

Kami tidak bisa mengatakan bahwa semua kunci jawaban yang kami sediakan ini pasti benar dan tepat. Mungkin saja bagi guru teman-teman ada jawaban yang masih kurang tepat. Maka dari itu, kami selalu menganjurkan, agar teman-teman teliti dulu jawabannya, cek kembali sebelum disalin ke buku tugas.

Untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus, teman-teman harus bisa menjawab soal-soalnya dengan jawaban yang tepat. Dan mudah-mudahan jawaban ini bisa menjadi jawaban pilihan yang benar dan tepat. Karena nilai yang bagus atau tinggi sangat membantu sekali dalam meningkatkan atau memperbaiki nilai pada raport semester.

Selain mengerjakan tugas sekolah, teman-teman juga harus sudah mulai mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar di rumah. Hal tersebut tentu untuk mengikuti kegiatan lainnya, seperti penilaian harian, akhir semester dan penilaian akhir tahun.

Nah teman-teman, berikut ini kami sediakan kunci jawaban soal PAI kelas 9 halaman 5, 7, 9, 19. Silahkan lihat dan cari jawaban yang diperlukan. Dan kerjakan soal-soal yang menjadi tugas sekolah teman-teman. Semoga harapan teman-teman untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus bisa tercapai.

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 5

Aktivitas Siswa 1:
Amati dan cermati Gambar 1.5 dan Gambar 1.6. Kemudian, diskusikan dan tulislah komentar atau pertanyaan yang terkait dengan gambar tersebut.

Pertanyaan tentang gambar 1.5 adalah meninggal dunia seseorang karena kecelakaan merupakan contoh kiamat apa ?

Pertanyaan tentang gambar 1.6 adalah terbitnya matahari dari arah terbenam yaitu arah barat  merupakan contoh  kiamat apa?

Gambar 1.5
Meninggal dunia karena kecelakaan termasuk kedalam kiamat kecil . Berikut beberapa kiamat kecil lainnya:

  • Banjir
  • Longsor
  • Gempa bumi
  • Tsunami

Gambar 1.6
Terbitnya matahari dari arah barat termasuk kedalam  kiamat besar. Berikut beberapa kiamat besar lainnya:

  • Keluar yajuz ma'juz
  • Keluar dajjal
  • Turunnya nabi isa
  • Munculnya imam mahdi

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 7

Aktivitas Siswa 2:

  1. Membaca Q.S. al-Qori’ah /101:4-5 dan Az-Zalzalah/99:1-2 beserta artinya dengan cermat!
  2. Menjabarkan isinya dan melengkapinya dengan ilustrasi berupa gambar, video, skema, atau bagan yang sesuai serta dilakukan secara berkelompok.
  3. Menyampaikan atau memaparkan hasilnya kepada kelompok lain untuk dibandingkan dan saling melengkapi.

Isi kandungan surah Al-Zalzalah ayat 1 sampai ayat 2 dn surah al qari'ah ayat 4 sampai ayat 5 berkaitan dengan hari kiamat.

Pembahasan:
Fimran Allah dalam surah al zalzalah ayat 1:

اِذَا زُلْزِلَتِ الْاَرْضُ زِلْزَالَهَاۙ
Terjemahan ayat:
“Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,”
Isi kandungan ayat  : Ayat ini menjelaskanb tentang kejadian atau peristiwa pada hari kiamat. Pada hari kiamat nanti bumi akan diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,

Fimran Allah dalam surah al zalzalah ayat 2:

وَاَخْرَجَتِ الْاَرْضُ اَثْقَالَهَاۙ
Terjemahan ayat:
“dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,”
Isi kandungan ayat  : Ayat ini menjelaskan tentang kejadian atau peristiwa pada hari kiamat. Pada hari kiamat nanti setelah bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat, bumi akan mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya.

Firman Allah dalam surah al qari'ah ayat 4:

يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ
Terjemahan ayat:
“Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan,”
Isi kandungan ayat  : Ayat ini menjelaskan tentang kejadian atau peristiwa pada hari kiamat. Pada hari kiamat nanti manusia akan berterbangan seperti laron

Firman Allah dalam surah al qari'ah ayat 5:

وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ
Terjemahan ayat:
“dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.”
Isi kandungan ayat  : Ayat ini menjelaskan tentang kejadian atau peristiwa pada hari kiamat. Pada hari kiamat nanti gunung-gunung akan berhamburan  seperti bulu.

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 9

Aktivitas Siswa 3:

  1. Membaca materi tentang proses atau tahapan kehidupan manusia di hari akhir berikut ini.
  2. Membuat ilustrasi yang menggambarkan proses kehidupan manusia di hari akhir mulai dari alam kubur sampai dengan neraka/surga, serta dilakukan secara berkelompok.
  3. Melengkapi ilustrasi tersebut dengan merumuskan pengaruh beriman kepada hari akhir terhadap amal baik dan amal buruk manusia selama di dunia.
  4. Menyampaikan atau memaparkan hasilnya kepada kelompok lain untuk dibandingkan dan saling melengkapi.

Secara garis besar, proses kehidupan manusia di hari akhir dimulai dari Alam Barzah (Alam Kubur), kemudian  Hari Kebangkitan, setelah itu Padang Mahsyar, dan berlanjut ke Yaumul Mizan (Hari Penimbangan Amal Baik dan Amal Buruk), kemudian Yaumul Hisab, lalu berlanjut ke Melintasi Jembatan yang Lurus (Shirotol Mustaqim), dan setelahnya Surga dan Neraka.

Untuk penjelasan lebih lengkap, kami telah menyediakan sebuah artikel dalam format dokumen Ms.Word, silahkan teman-teman download disini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 19

Aktivitas Siswa 4:

  1. Membaca kisah teladan di bawah ini.
  2. Berdiskusi dan bekerja sama untuk menceritakan kembali secara langsung atau disajikan dengan bentuk sosiodrama.
  3. Menyimpulkan dan menyampaikan pelajaran yang dapat dipetik dari kisah di bawah ini.

Pelajaran yang dapat diambil dari kisah penghuni syurga tersebut anara lain adalah:

  • Selalu konsisten untuk berkata jujur kapan pun dan bagaimana pun kondisinya
  • Jangan pernah iri atas nikmat yang orang lain peroleh
  • Jangan pernah berdusta
Pembahasan:
Cerita penghuni syurga yang ada pada kisah teladan  aktivitas siswa 4 menjelaskan tentang kisah seorang pemuda yang rasululah katakan sebagai penghuni syurga.

Seorang sahabat penasaran tentang amalan apa yang pemuda itu lakuka. Setelah dilihat dan amati pemuda tersebut tidak mengejakan shalat dzuha dan tahajjud dan pemuda tersebut belum fasih membaca al qur'an. Karean penasaran seorang sahabat bertanya apa amalan yang pemuda itu lakukan.

Pemuda tersebut berkata bahwa ia selalu mengejakan amalan yang ia sanggup yaitu selalu berkata jujur dan tidak pernah iri kepada orang lain

Download Soal dan Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 5-19

Agar memudahkan teman-teman dalam mempelajari soal-soal diatas, kami sudah menyediakannya dalam format dokumen PDF. Teman-teman dapat menyimpan pada ponsel ataupun mencetaknya untuk dijadikan bahan belajar di rumah. Nah silahkan unduh pada link berikut.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 224kb

Kami berusaha untuk selalu menyediakan jawaban-jawaban pilihan yang tepat dan benar. Karena kami tahu, teman-teman pastinya sangat berharap jawaban tersebut bisa mengantarkan teman-teman meraih nilai yang tinggi dari setiap tugas yang dikerjakan.

Tugas sekolah memang menjadi hal yang cukup penting dalam kegiatan belajar. Dengan memberikan tugas kepada siswa, seorang guru dapat melihat sejauh mana siswa tersebut memahami materi yang telah dipelajarinya.

Lihat Juga : Kunci Jawaban Soal Aktivitas PAI Kelas 10 Halaman 3, 4, 5, 13, 16, 18

Dan nilai-nilai yang didapatkan dari tugas sekolah juga akan diperhitungkan oleh guru. Biasanya pada akhir semester, guru akan merekap keseluruhan nilai, untuk kemudian memasukkannya kedalam nilai akhir pada raport semester.

Maka dari itu, kami selalu mengingatkan teman-teman agar selalu semangat dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Karena nilai yang didapat akan sangat membantu dalam meningkatkan atau memperbaiki nilai pada raport semester nantinya.

Sekian ulasan kami untuk kunci jawaban soal aktivitas siswa PAI kelas 9 halaman 5, 7, 9, 19 ini. Silahkan teman-teman manfaatkan jawaban yang telah kami sediakan ini dengan maksimal. Jawab soal-soal yang teman-teman anggap sulit, dan kumpulkanlah tugas tersebut kepada guru.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 5 7 9 19 Aktivitas Siswa Bab 1 Semester 1 Buku Siswa"