Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 14 15 Bab 1 Semester 1 Buku Siswa

Kumpulan kunci jawaban soal evaluasi PAI kelas 11 halaman 14, 15 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bab 1 semester 1 buku siswa kurikulum 2013 revisi. Kami menyediakan jawaban ini sebagai alternatif bagi teman-teman siswa yang memang kesulitan dalam menjawab soal-soal pada tugas sekolah, sehingga dengan begitu tugas tersebut dapat teman-teman selesaikan.

Kami menyadari akan pentingnya kunci jawaban seperti ini bagi teman-teman siswa. Karena kami tahu dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, pasti akan didapati soal-soal yang sulit yang mungkin jawabannya tidak ada pada buku pelajaran, sehingga harus mencari jawaban dari sumber lain.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 14-15

Sesulit apapun soal-soal pada tugas sekolah, tidak bisa menjadi alasan teman-teman siswa untuk tidak mengerjakan tugas-tugas tersebut. Karena sudah menjadi kewajiban teman-teman untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang guru berikan.

Hal itulah yang menjadi salah satu sebab, kenapa siswa masih sangat bergantung pada alternatif jawaban ini. Maka wajar jika kita dapati sekarang ini banyak siswa yang mencari kunci jawaban di internet untuk membantunya dalam menjawab soal-soal yang sulit pada tugas sekolah.

Dan inilah yang menjadi alasan kami untuk turut serta dalam menyediakan kunci jawaban PAI kelas 11 halaman 14-15 ini. Karena kami tahu, para siswa pasti juga akan memerlukan kunci jawaban ini untuk membantunya dalam mengerjakan tugas sekolah. Dan kami berharap semoga jawaban ini bisa membantu teman-teman yang memang membutuhkan.

Namun meskipun begitu, kami selalu mengingatkan teman-teman untuk tetap berusaha sendiri dalam mencari jawabannya di buku pelajaran. Setidaknya teman-teman harus tetap berusaha menjawab sendiri soal-soalnya. Kalaupun sebelumnya sudah berusaha, tetapi belum juga menemukan jawaban yang tepat, maka barulah teman-teman manfaatkan dengan bijak jawaban ini.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 14 Sampai 15

Seperti yang sering kami sampaikan pada setiap artikel kami, bahwa tugas sekolah memang menjadi bagian dalam kegiatan belajar teman-teman di sekolah. Pada akhir pembelajaran, guru biasanya akan memberikan tugas-tugas yang diambil dari sola-soal pada buku siswa.

Dan bisa saja tugas tersebut langsung siswa kerjakan di sekolah, atau dijadikan sebagai tugas rumah, untuk kemudian nantinya dikerjakan dan dikumpulkan kembali kepada guru. Dan tugas sekolah juga menjadi salah satu alat penilaian guru dalam melihat keberhasilan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksakannya.

Maka dari itu, selalu kerjakan dengan maksimal setiap tugas sekolah yang guru berikan. Karena tugas sekolah juga menjadi salah satu nilai yang akan diperhitungkan dalam nentukan nilai akhir pada raport semester nantinya. Silahkan teman-teman manfaatkan dengan bijak jawaban yang kami sediakan ini untuk meraih nilai terbaik.

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 14 Soal PG

Evaluasi
A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!

1. Berikut ini yang termasuk perilaku orang yang beriman kepada kitab suci yang diturunkan Allah Swt. kepada para nabi-Nya adalah ....
Jawab : E. Mengimani keberadaan semua kitab suci, tetapi hanya menjalankan isi kitab suci yang diyakininya saja.

2. Nabi Muhammad saw. menjelaskan bahwa tidak akan tersesat orang yang berpegang teguh kepada al-Qur’an dan sunah, maksudnya adalah...
Jawab : B. Bagi orang yang selalu mengamalkannya di mana saja ia berada.

3. Ketika terjadi perdebatan tentang kebenaran masing-masing kitab suci, sikap yang harus diperlihatkan oleh seorang muslim adalah...
Jawab : E. Mengembalikan permasalahan tersebut kepada al-Qur’an dan hadis.

4. Cara menjaga al-Qur’an adalah sebagai berikut, kecuali...
Jawab : B. Mengamalkan al-Qur’an di tempat tertutup.

5. Yang tidak termasuk nama lain al-Qur’qn adalah...
Jawab : C. Al-Mizan

Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 15 Soal Isian

B. Jawablah soal-soal berikut dengan tepat!
1. Kemukakan beberapa pendapat kamu tentang kitab-kitab Allah Swt. sebelum al-Qur’an!

Kita sebagai umat muslim harus meyakini tentang keberadaan kitab-kitab Allah sebelum Al Qur'an, karena di pada Al Qur'an itu sendiri dijelaskan tentang perintah untuk mengimani kitab sebelumnya, yaitu  QS. An-Nisa ayat 136. Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya”. (QS An Nisa : 136)
Ada beberapa kitab Allah yang diturunkan sebelum Al Qur'an, diantaranya:

  • Kitab Zabur diturunkan kepada kaum Nabi Daud. as
  • Kitab Taurat diturunkan kepada kaum Nabi Musa. as
  • Kitab Injil diturunkan kepada kaum Nabi Isa. as

Akan tetapi, kita umat muslim tidak boleh mengikuti ajarannya lagi, karena telah diturunkan Al-Quran sebagai kitab Allah yang menyempuarkan ajaran sebelumnya yang telah banyak dirubah oleh manusia.

2. Mengapa al-Qur’qn disebut kitab yang bersifat universal?

Hal ini dikarenakan isi ajaran islam bersifat umum dan berlaku untuk setiap zaman, setiap umat, setiap kaum dan di negara manapun, siapapun dan sampai kapanpun. Inti ajaran islam mampu menjawab masalah yang ada sejak dahulu, sekarang dan hingga nanti.

3. Bagaimana cara mewujudkan perilaku supaya bisa disebut orang yang beriman kepada al-Qur’an?

Cara mewujudkan perilaku agar bisa disebut orang yang beriman kepada Al-Qur`an yaitu:

  • Meyakini adanya kitab" Allah
  • Meyakini bahwa Al-Qur’an merupakan kitab suci terakhir yang diturunkan Allah Swt kepada manusia.
  • Menjaga shilaturahmi dan atau ukhuwwah dengan sesama ahlul kitab.
  • Menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.
  • Mendakwahkan isi dari Al Qur'an

4. Mengapa al-Qur’an disebut sebagai kitab penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya?

Karena banyak hal yang diatur di dalam kitab Al-Quran yang di dalam kitab terdahulu masih belum ada. Di dalam kitab Al-Quran ada kisah-kisah nabi terdahulu sedangkan kitab sebelum Al-Quran tidak ada kisah tentang Nabi Muhammad. Nabi Isa besok turun ke bumi itu akan mengalahkan Dajjal dengan ajaran syariat yang dibawa oleh Nabi Muhammad.

5. Bagaimana pendapat kamu ketika menyaksikan orang Islam tidak mau membaca dan mengkaji al-Qur’an?

Pendapat kakak ketika kita menyaksikan orang Islam tidak mau membaca dan mengkaji Al-Quran, adalah jangan pernah bersu’udzon terlebih dahulu dan lebih mengedepankan khusnudzon kita kepada orang itu. Bisa saja, orang yang sedang kita lihat tidak mau membaca dan mengkaji Al-Quran, ternyata dia sedang dalam keadaan najis (seperti haid atau nifas), bisa saja orang itu sedang muroja’ah Al-Quran di dalam hatinya.

C. Isilah kolom berikut dengan jujur sesuai keadaanmu!

Untuk tugas pada poin C ini, silahkan teman-teman isikan sesuai dengan kondisi yang teman-teman alami sekarang ini!

D. Tugas Kelompok

  1. Buatlah beberapa kelompok dengan beranggotakan lima orang setiap kelompoknya.
  2. Setiap kelompok membuat ringkasan materi tentang isi Taurat, Zabμr, Injil, dan al-Qur’an.
  3. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya dan kelompok yang lain menanggapi.

Untuk tugas kelompok tentang ringkasan tersebut, kami sudah menyediakan pembahasan dalam bentuk file dokumen, silahkan teman-teman unduh disini.

Download Soal dan Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 14-15

Mempelari soal-soal latihan yang dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasannya tentu sangat bagus sekali. Sebagai persiapan teman-teman dalam menghadapi kegiatan penilaian nantinya. Kami telah menyiapkan soal-soal diatas dalam bentuk file dokumen PDF yang dapat teman-teman unduh pada link berikut.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 179kb

Pada kenyataannya memang alternatif jawaban seperti ini cukup membantu para siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Apalagi dalam masa belajar yang dilaksanakan secara daring seperti saat ini, dimana siswa akan lebih banyak diberikan tugas-tugas oleh gurunya.

Lihat Juga : Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 29 30 31

Seperti yang teman-teman ketahui, bahwa jawaban memang sangat menentukan sekali, apakah nantinya bisa mendapatkan nilai yang bagus atau tidak. Maka jika teman-teman ingin mendapatkan nilai yang bagus, tentu harus bisa menjawab soal-soalnya dengan jawaban yang benar dan tepat.

Nilai dari tugas-tugas sekolah tentu cukup penting, karena kita tahu bahwa perhitungan nilai akhir pada raport semester, salah satu nilai yang diambil adalah nilai dari tugas-tugas harian. Maka nilai tugas cukup berperan dan membantu teman-teman dalam meningkatkan atau memperbaiki nilai akhir nantinya.

Selain itu tentu ada beberapa nilai lagi yang perlu teman-teman perhatikan, seperti nilai penilaian, baik penilaian harian, akhir semester maupun penilaian akhir tahun. Namun untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus dari kegiatan-kegiatan tersebut, teman-teman harus punnya persiapan.

Persiapan yang kami maksud tentunya dengan memperbanyak belajar di rumah. Dengan belajar dan mengulang materi yang belum teman-teman pahami, maka kami yakin nantinya teman-teman bisa dengan mudah menjawab soal-soal pada kegiatan tersebut, sehingga bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Demikain ulasan kami untuk kunci jawaban PAI kelas 11 halaman 14 dan 15 ini. Semoga teman-teman dapat memanfaatkan jawaban ini dengan baik dan bijak. Kerjakan soal-soal yang sulit yang belum ditemukan jawabannya, sehingga tugas sekolah dapat diselesaikan tepat waktu.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 14 15 Bab 1 Semester 1 Buku Siswa"