√ Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 52 Semester 1 Ayo Kita Berlatih 2.1 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 52 Semester 1 Ayo Kita Berlatih 2.1 Buku Siswa

Kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 52 semester 1 - Pada kunci jawaban ini terdapat banyak keterangan yang menjelaskan mengenai posisi titik, titik asal dan titik tertentu. Dibuatnya kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 52 semester 1 ini sebagai pembanding bagi soal lain yang sejenis.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 52

Pembahasan untuk materi sumbu x dan sumbu y ini bisa dikatakan sebagai materi awal untuk topik titik koordinat pada kartesius. Terdapat pada lembar kerja utuk pelatihan, yaitu Ayo Kita Berlatih 2.1  untuk materi Posisi Titik Terhadap Sumbu X dan sumbu Y.

Kali ini, soal yang dimunculkan masih seputar sumbu antara x dan y. Semua materi mengarah pada soal-soal yang mencari titik sumbu x, sumbu y atau di antara keduanya. Tetap bermain pada soal cerita yang mengada pada posisi tertentu. Namun, pencarian posisi masih dalam bentuk yang sederhana.

Mengenai pembahasan materi ini, diharapkan bisa diperjelas pada soal-soal dalam pelatihan beserta kunci jawaban yang tersedia. Semua penjelasan sangat mudah dimengerti oleh para siswa. Dengan begitu, akan sangat bermanfaat jika menggunakan kunci jawaban untuk lebih memahami materi.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 52 Semester 1

Biasanya, dalam pembahasan sumbu koordinat ini akan lebih banyak dijabarkan dengan menggunakan gambar pada kunci jawaban matematika. Oleh karena itu, akan terdapat banyak penjelasan yang menggunakan gambar koordinat kartesius pada kunci jawaban yang sudah disediakan.

Lihat Juga:

Tidak hanya siswa, tetapi orang tua ataupun guru juga bisa menjadikan kunci jawaban ini sebagai buku pedoman mengajarkan siswa.

Pelatihan dan soal untuk materi dan pembahasan sumbu x dan sumbu y ini tidak terlalu banyak variasinya. Sehingga, pada saat siswa mempelajarinya melalui kunci jawaban akan menjadi lebih mudah dimengerti.  Selain itu, kunci jawaban matematikan kelas 8 halaman 52 semester 1 ini memang hanya berfokus pada materi sumbu dan titik koordinat.

Namun, untuk pelatihan kali ini memang dominan pada soal-soal sumbu koordinat tersebut. Semuanya terlihat jelas dengan rumus yang diberikan. Walaupun dengan beberapa soal yang memiliki kasus seperti soal cerita, tapi penjabaran mengenai rumus tidak terlalu banyak dan rumit.

Kunci Jawaban MTK Kelas 8 Halaman 52

Perhatikan koordinat Kartesius di bawah ini.

1. Sebutkan titik-titik yang mempunyai jarak sama terhadap sumbu-X.

Titik-titik yang mempunyai jarak yang sama terhadap sumbu-X adalah

  • Titik A dengan titik B
  • Titik C dengan titik D
  • Titik G dengan titik I 

2. Sebutkan titik-titik yang mempunyai jarak sama terhadap sumbu-Y.

Titik-titik yang mempunyai jarak yang sama terhadap sumbu-Y adalah

  • Titik C dengan titik D
  • Titik A dengan titik B dan dengan titik H
  • Titik E dengan titik G dan dengan titik I

3. Sebutkan titik-titik yang berada di sebelah kanan dan sebelah kiri sumbu-Y.

Berada di sebelah kanan sumbu-y adalah titik A, D, E. dan I.
Berada di sebelah kiri sumbu-y adalah titik B, C, G, dan H.

4. Berapa jarak titik E terhadap sumbu-X dan sumbu-Y dan terletak di sebelah mana terhadap sumbu-X dan sumbu-Y?

Titik E tidak berjarak terhadap sumbu-x karena E berada pada y = 0.
Titik E berjarak 6 satuan terhadap sumbu-y karena E berada pada x = 6.
Titik E terletak di sebelah kanan sumbu-y.
Titik E terletak pada sumbu-x, tepatnya sumbu-x positif.

5. Terletak pada kuadran berapakah titik-titik tersebut?

Titik A = Kuadran 1
Titik B = Kuadran 2
Titik C = Kuadran 3
Titik D = Kuadran 4
Titik E = Tidak terletak pada kuadran manapun, tetapi terletak pada sumbu-x positif.
Titik F = Tidak terletak pada kuadran manapun, tetapi terletak pada sumbu-y positif.
Titik G = Kuadran 2
Titik H = Kuadran 3
Titik I = Kuadran 4

Download Soal dan Kunci Jawaban MTK Kelas 8 Halaman 52

Jika Anda ingin mendapatkan materi baik soal maupun kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 52 semester 1 ini, bisa Anda cari pada website dengan format PDF. Agar mempermudah Anda untuk mengunduh jika dalam format tersebut. Selain itu, akan ada banyak pilihan soal untuk diunduh dalam format tersebut.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 224kb

Pada dasarnya, dibuatnya kunci jawaban ini hanya untuk agar siswa lebih bisa memahami dan membedakan antara sumbu dan titik koordinat serta dua jenis sumbu di koordinat kartesius tersebut. Dengan begitu, siswa bisa membuat gambar  ataupun menentukan koordinat sumbu yang berpatokan pada soal-soal yang ada dengan kunci jawaban yang juga sudah disiapkan.

Lihat Juga:

Sangat diharapkan, untuk penjelasan dalam kunci jawaban cukup memperjelas siswa dalam mengerjakan semua jenis soal yang berhubungan dengan materi ini. Agar lebih mempermudah untuk melanjutkan pada soal lain yang lebih rumit.

Setelah itu, siswa juga diharapkan bisa mempelajari secara detail dan perlahan langkah demi langkah agar lebih mengerti. Oleh karena itu, diperlukan adanya kunci jawaban agar pada saat siswa mengalami sedikit masalah saat mengerjakan soal-soal yang lebih rumit bisa kembali mengulang langkah awal pada kunci jawaban yang tersedia.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 52 Semester 1 Ayo Kita Berlatih 2.1 Buku Siswa"