Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Registrasi Online Mata Kuliah UT (Universitas Terbuka) Sipas dan Non Sipas

Cara mendaftar atau meregistrasi mata kuliah UT secara Online untuk Mahasiswa Sipas dan Non Sipas Universitas Terbuka serta cetak Billing Registrasi Mata Kuliah dapat teman-teman Mahasiswa lakukan secara mandiri melalui website UT. Setelah melakukan cetak Billing, teman-teman Mahasiswa dapat membayarkan biaya kuliah ke Bank atau bisa langsung transfer melalui ATM.

Tentu dengan adanya fasilitas seperti ini sangat memudahkan teman-teman Mahasiswa yang tak sempat untuk datang langsung ke Pokjar maupun Kantor UT terdekat untuk mengambil Billing Registrasi. Namun masih sangat sedikit sekali teman-teman Mahasiswa yang memanfaatkan fasilitas ini.

Baca juga : Cara Mengikuti Ujian SUO UT (Universitas Terbuka) Online

Pada fasilitas ini teman-teman Mahasiswa juga bisa melakukan registrasi Mata Kuliah Online atau SUO. Nah langsung saja, bagi teman-teman yang ingin mencoba melakukan Registrasi Mata Kuliah secara Online, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Meregistrasi Online Mata Kuliah Universitas Terbuka

Cara Registrasi Online Mata Kuliah UT

Dalam melakukan registrasi mata kuliah online Anda harus memiliki akun SIA UT namun jika Anda belum memiliki akun SIA silakan lakukan regisrasi akun SIA Universitas Terbuka terlebih dahulu. Jika Anda belum melakukan registrasi akun SIA silahkan Anda baca panduan Cara Registrasi Akun SIA UT Untuk Mahasiswa Baru dan Lama.

Baca juga : Panduan Cara Aktivasi Akun SIA UT (Sistem Informasi Akademik)

Langsung saja langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah Anda harus login ke akun SIA.

#1. Buka alamat https://sia.ut.ac.id/login 
#2. Selanjutnya silahkan Anda login dengan data Akun SIA UT Anda. Masukan E-Mail Address, Password dan Kode Keamanan. Kemudian klik Login. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar berikut.


Baca juga : Cara Reset Password Akun SIA Universitas Terbuka

#3. Setelah berhasil login Anda akan dihadapkan pada tampilan awal layanan SIA UT. Nah untuk melakukan registrasi mata kuliah Universitas Terbuka, silahkan Anda pilih Menu di sebelah kiri >> Registrasi >> Registrasi Mata Kuliah >> Registrasi Mata Kuliah Pendas/ Non Pendas. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar berikut ini.


#4. Setekah itu Anda akan di hadapkan pada tampilan Form Regisrasi Mata Kuliah. Langkah yang harus Anda lakukan ialah mengisi Form pencarian Masa, NIM dan Batch kemudian klik menu Cari. Pastikan data Masa registrasi yang Anda masukan benar, NIM yang Anda masukan benar.

Sebagai contoh disini untuk Mahasiswa Sipas pada Form pencarian akan terisi otomatis, bagi non sipas, bisa menyesuaikan. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar berikut.


Jika sudah, silahkan klik menu cari, dan jika data benar Anda akan melihat data lengkap Anda Anda pada tabel serta mata kuliah yang akan Anda registrasi, lihat pada gambar berikut.


Perhatian : Untuk Mahasiswa Sipas biasanya paket Registrasi Mata Kuliah akan otomatis terisi dan tidak bisa lagi menambah SKS. Namun untuk Mahasiswa Non Sipas Mata Kuliah bisa di tambahkan sesuai ketentuan.

#5. Terakhir yang perlu Anda perhatikan sebelum mencetak Billing ialah, memilih Tempat Ujian yang sesuai dengan tempat ujian sebelumnya. Jika sudah, silahkan Anda klik menu Simpan Billing Paket. Setelah itu cetak Billing dan lakukan pembayaran ke Bank atau melalui transfer ATM.
Untuk lebih jelas, silahkan lihat gambar berikut.


Bagaimana sangat mudah bukan? Itulah langkah-langkah dalam melakukan Registrasi Mata Kuliah Online di situs UT. Selain mata kuliah paket, Anda juga bisa melakukan registrasi mata kuliah untuk ujian Online.