√ Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 115 Ayo Berlatih Pelajaran 10 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 115 Ayo Berlatih Pelajaran 10 Buku Siswa

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 115 - Walisongo merupakan tokoh teladan yang patut ditiru dalam kehidupan sehari-hari oleh umat islam. Sehingga suritauladan walisongo haruslah dijadikan sebagai salah satu materi yang diajarkan di sekolah. Dimana isi materi adalah hanya terdapat dua sub materi, yaitu siapakah wali songo dan keteledanan wali songo tersebut.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 115

Semua materi tersebut langsung dibahas sekaligus dalam satu pembahasan. Makna dari pembahasan ini, siswa akan diajarkan untuk mengenal wali songo dan keteladanan wali songo tersebut.

Walaupun akan dibahas sekaligus, tetap urutannya materi akan dijabarkan satu persatu, baru siswa bisa mengerjakan soal sesuai yang ada di buku pelajaran. Tidak perlu khawatir dalam mengerjakannya, karena akan ada pembahasan yang bisa digunakan untuk mengoreksi soal yang sudah dikerjakan tersebut.

Sangat jelas semua prosedur pembelajaran pada pembahasan ini memanglah tidak berjeda, hanya diberi batas antara penjelasan materi dan latihan soalnya. Selain itu, pada dasarnya konsep belajarnya juga hampir sama. Yaitu, memepelajari materi sampai tuntas, mengerjakan soal-soal latihan serta melanjutkan soal uji kompetisi.

Jika Anda agak berat langsung membahas materi semuanya sekaligus, maka Anda bisa menbaginya menjadi dua tahap. Tahap pertama untuk materi pertama, begitupun selanjutnya yaitu tahap kedua adalah waktunya untuk mengerjakan soal.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 115

Seperti yang tadi sudah dijelaskan bahwa dalam pembahasan ini dari awal hingga akhir akan dibahas secara langsung. Mengingat pembahasan untuk materi pada bab ini tidak terlalu banyak dan pembahasan yang bisa cukup singkat.

Lihat Juga:

Yaitu, penjelasan mengenai wali songo mulai dari apa itu walisongo, siapa walisongo dan berasal dari mana. Semuanya itu akan dijelaskan dalam materi ini secara detail. Selain itu, ada juga pembahasan materi mengenai keteladanan walisingo. Bagaimana sifat-sifat walisongo, keteladanan apa yang patut ditiru, inipun aka nada dalam semua materi tersebut.

Siswa diajak untuk mengetahui lebih jauh mengenai semua yang berhubungan dengan walisongo tersebut. Agar siswa bisa menghargai sejarah mengenai Islam di Indonesia. Penjelasan dari pembahasan agak panjang, tapi isi materi tidak terlalu banyak.

Setelah itu, siswa bisa langsung mengerjakan soal-soal latihan dari latihan awal pada materi pertama, hingga soal lanjutan untuk materi selanjutnya. Setelah itu, baru pencocokan jawaban untuk mengetahui penjelasan melalui soal. Sehingga, siswa bisa lebih mengerti dan memahami isi materi dengan sangat jelas setelah melihat dalam bentuk soal latihan.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 115

Ayo Berlatih
A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!

1. Siapakah wali Allah itu?

Wali Allah merupakan orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah. Wali Allah bukan hanya menjalankan kewajiban sebagai hamba Allah melainkan mengerjakan juga hal-hal yang bersifat sunah serta menjauhi hal-hal yang makruh.

2. Keteladanan apakah yang diajarkan oleh Sunan Ampel?

Keteladanan yang diajarkan Sunan Ampel adalah falsafah Moh Limo (5M). Yang dimaksud dengan Moh Limo adalah tidak mau melakukan lima perbuatan tercela, yaitu:

  • main (berjudi)
  • ngombe (mabuk-mabukan)
  • maling (mencuri)
  • madat (menghisap candu atau ganja)
  • madon (berzina)

3. Keteladanan apakah yang diajarkan oleh Sunan Drajat?

Keteladanan dalam hal perilaku yang terpuji, kedermawanan, kerja keras, dan peningkatan kemakmuran masyarakat sebagai pengamalan agama Islam adalah keteladanan yang diajarkan oleh Sunat Derajat. Sunan Drajat juga berdakwah melalui kesenian. Tembang Macapat Pangkur disebut sebagai ciptaannya.

4. Keteladanan apakah yang diajarkan oleh Sunan Bonang?

Keteladanan yang diajarkan oleh Sunan Bonang adalah bersikap bijak, Sunan Bonang terkenal dengan cara berdakwahnya yang bijak.

5. Keteladanan apakah yang diajarkan oleh Sunan Gresik?

Keteladanan yang diajarkan oleh Sunan Gresik adalah mengajarkan semangat berdakwah kepada rakyat jelata dan mengajarkan keterampilan hidup (bercocok tanam).

B. Tanggapilah pernyataan-pernyataan ini dengan jujur sesuai dengan keyakinanmu

1 Wali Allah penakut, tidak berani dengan setan dan penjajah.

Tidak Setuju (TS), Karena wali Allah hanya takut pada Allah Swt Tuhan semesta alam.

2 Wali Allah imannya kuat dan rajin beribadah.

Setuju (S), Karena Wali Allah adalah orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt.

3 Aku senang meneladani perilaku wali-wali Allah karena mengajarkan kebaikan.

Setujuh (S), Karena wali allah melakukan apa yang diperintah oleh Allah dan menjauhi apa yang dilarang-Nya oleh sebab itu kebaikan adalah keutamaan bagi wali Allah.

C. Ayo Praktikkan

  • Ayo, buat pentas drama yang mengisahkan kegiatan dakwah Sunan Kalijaga!
  • Ayo, buat pentas drama yang mengisahkan kegiatan dakwah Sunan Ampel!

Untuk tugas bagian C, silahkan teman-teman buat sebuah pentas drama. Guru akan mengarahkan dan membagi kelompok. Lakukan dan ikuti kegiatan dengan maksimal.

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 115

Latihan sesering mungkin dengan soal-soal latihan yang sudah ada. Tapi jika Anda membutuhkan materi dan soal-soal tersebut beserta kunci jawaban PAI kelas 4 halaman 115, coba diunduh langsung pada aplikasi di bagian bawah. Unduhan tersebut bisa berguna bagi siswa untuk menjadi pedoman saat ingin mengerjakan soal-soal lain, dengan format PDF.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 150kb

Jika soal latihan sudah berhasil dikerjakna dan sesuai dengan harapan dan kemampuan siswa, maka bisa dilanjutkan dengan mengerjakan soal dalam bentuk uji kompetensi. Dimana soal tersebut akan menampilkan soal-soal yang bercampur dai materi pertama dengan materi kedua.

Lihat Juga:

Masih sama dengan soal latihan biasa, jangan lupa untuk melihat kunci jawaban PAI kelas 4 halaman 115. Karena, pada uji kompetensi ini soalnya lebih banyak dari sosl pelatihan biasa yang dikerjakan setiap siswa.

Oleh karena itu, jangan mempersulit diri dengan mengerjakan pelajaran dengan cara yang sulit, lakukan dengan cara yang membuat Anda mudah untuk memahami dan mengingat kembali semua materi.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 115 Ayo Berlatih Pelajaran 10 Buku Siswa"