√ Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 57 58 Ayo Berlatih Pelajaran 5 Buku Siswa - Soalut.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 57 58 Ayo Berlatih Pelajaran 5 Buku Siswa

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 57 58 - Dalam pembelajaran PAI, tentunya kalian akan ditemukan dengan materi-materi yang berhubungan langsung dengan sang pencipta. Ketika membahas mengenai materi PAI, maka akan diajarkan mengenai tata cara sholat, puasa, haji dan lain sebagainya. Ada banyak sekali materi-materi yang lain yang bisa dipelajari juga.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 57-58

PAI memberikan banyak manfaat bagi siswa yang ingin mempelajarinya. Dalam hal ini, kalian sebagai seorang siswa bisa mendalami materi PAI yang berhubungan dengan cinta nabi dan rasul. Kalian akan memperoleh banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. PAI memiliki banyak muatan metari, disamping itu materi yang diberikan akan berkaitan langsung dengan kehidupan sosial.

Kehidupan sehari-hari manusia ini tidak lain seperti aspek habluminallah dan habluminnas. Agama mengatur terkait ikhwal demikian. Tidak jarang, mapel PAI memberikan berbagai alternatif dan nilai-nilai dalam kehidupan siswa. Banyak sekali aspek-aspek sosial yang bisa diperoleh dalam pembelajaran PAI ini.

Misalnya, terkait dengan infak dan shodaqoh yang tidak hanya memiliki nilau transcendental, tetapi juga sosial. Jika siswa dapat memahami sisi itu, maka ia akan memiliki pemikiran sosio-religius. Hal ini sangat penting dimiliki oleh siswa. Pada tataran soswa kelas 4, maka ada materi yang sangat penting yakni pada kunci jawaban pai kelas 4 halaman 57, 58 yang bertemakan cinta nabi dan rasul.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 57 dan 58

Sebagai siswa kelas 4, pasti sudah memiliki pemikiran yang matang. Tetapi akan menjadi kendala saat pembelajaran tidak bisa disampaikan secara baik. Tentunya, kalian sebagai guru tidak cukup menggunakan wa grup untuk memberikan materi kepada siswa. Disisi lain, siswa akan kesulitan untuk memahami berbagai macam materi yang disampaikan oleh guru.

Lihat Juga:

Sebagai guru bisa memberikan rekomendasi kepada siswa untuk belajar mengenai kunci jawaban pai kelas 4 halaman 57, 58 agar ia bisa lebih mendalam lagi dalam memahami materi. Kalian yang terkendala pembelajaran selama pandemic, bisa melihat tutorial video melalui youtube. Karena hal ini akan sangat membantu.

Terlepas dari itu semua, banyak sekali persoalan lain yang membuat guru merasa pusing di tengah pembelajaran daring ini. Ketika kalian kesulitan dalam mengkondisikan siswa, maka bisa kalian membuat rencana pembelajaran yang lebih baik lagi. Ketika muncul kendala, diharapkan bisa mencari solusi dengan segera.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 57

Ayo Berlatih
A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!

1. Apa buktinya kalian cinta kepada nabi dan rasul? Jelaskan!

Bukti cinta kepada nabi dan rasul adalah dengan mengikuti apa yang dikatakan dan meneladani apa yang sudah dicontohkan oleh Nabi dan Rasul.

2. Apa yang dapat kamu petik dari kisah Nabi Ayyub a.s.? Jelaskan!

Nabi Ayyub a.s., baik ketika kaya raya atau ketika miskin senantiasa taat kepada Allah, selalu bersyukur. Bahkan ketika ia jatuh miskin, harta yang ada selalu ia sedekahkan.

3. Mengapa, sekalipun Nabi Ayyub a.s. kaya raya tetapi beliau tidak sombong ?

Karena Nabi Ayyub a.s sadar bahwa ketika kaya atau miskin adalah ujian Allah Swt.

4. Apa alasan Fir’aun membunuh anak laki-laki yang lahir ketika itu? Jelaskan!

Alasan Fir’aun membunuh anak laki-laki karena ramalan ahli tapsir mimpi Fir'aun mengatakan dari Bani Israil akan lahir seorang bayi laki-laki yang nantinya meruntuhkan kekuasaan raja Firaun.

5. Bagaimana akhir hidup Fir’aun dan tentaranya? Jelaskan!

Akhir hidup Fir’aun dan tentaranya ditelan oleh air laut ketika hendak mengejar Nabi Musa dan pengikutnya.

6. Apa saja mukjizat Nabi Musa a.s.? Jelaskan!

Mukjizat Nabi Musa a.s anatara laian tongkat Nabi Musa dapat beruba menjadi ular besar, serta Tongkat Nabi Musa dapat membelah lautan.

7. Apa yang dapat diteladani dari Nabi Harun a.s.? Jelaskan!

Nabi Harun a.s. orang yang sayang terhadap saudaranya.

8. Mengapa disebut dengan nama “Zulkifli” kepada Nabi Zulkifli a.s yang nama aslinya adalah Basyar? Jelaskan!

Nama Zulkifli didapatkan ketika seorang raja bernama Ilyasa (Nabi Ilyasa) mengumpulkan rakyatnya. Raja itu bertanya, “Siapakah yang sanggup berlaku sabar, jika siang berpuasa dan jika malam beribadah, maka ia akan diangkat menjadi raja” Tak seorang pun berani menyatakan kesanggupannya. Akhirnya anak muda bernama Basyar mengacungkan tangan dan berkata, “Saya sanggup Tuanku.” Sejak saat itulah ia dipanggil Zulkifli, yang artinya “sanggup”.

9. Apa yang dapat diteladani dari Nabi Zulkifli a.s.? Jelaskan!

Nabi Zulkifli a.s. adalah orang yang sabarnya luar biasa.

10. Orang beriman selalu mendapat ujian Allah. Apakah kamu pernah mengalami? Jelaskan!

Pernah, walaupun saya dilahirkan dari keluarga yang tidak mampu dan penuh keterbatasan materi tapi saya selalu bersyukur karena miskin dan kaya adalah ujian dari Allah.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 58

B. Tanggapilah pernyataan-pernyataan di bawah, sesuai dengan keyakinanmu!

1 Para nabi dan rasul itu selalu benar dan pernah salah.

Tidak Setujuh (TS), Karena Nabi dan rasul tidak pernah salah, Nabi dan rasul diberi keistimewahan oleh Allah ia terjaga dari kesalahan.

2 Kesabaran Nabi Ayyub a.s. harus dicontoh.

Setujuh (S), Karena sabar adalah sifat terpuji yang disenangi oleh Allah. Swt

3 Orang kaya raya pasti sombong.

Tidak Setujuh (TS), tidak semua orang kaya sombong, masih ada orang kaya yang dermawan. karena kekayaan adalah ujian dari Allah, Swt. Nabi Ayub, a.s adalah contohnya.

4 Orang kaya mendapat pujian orang lain.

Tidak Setujuh (TS), Karena jika orang kaya kikir dan sombong tentu tidak akan mendapatkan pujian dari orang lain.

5 Beribadah harus sabar.

Setujuh (S), Karena dengan sabar akan membuat khusuk dalam beribadah dan dapat menghidari dari kesalahan dalam beribadah.

6. Saudara kita yang nakal harus dimarahi.

Tidak Setujuh (TS) Karena dengan kemarahan akan membuat setan muda membisikkan godaan-godaan yang tidak di sukai Allah. Sebaiknya dinasehati dan di bicaraka baik-baik.

7. Tongkat Nabi Musa a.s. bukan mukjizat.

Setujuh (S), Keajaiban dari tongkat Nabi Musa merupakat mukjizat yang Allah Swt. berikan dan itu terjadi karena atas izin Allah.

8. Janji tidak selamanya harus ditepati.

Tidak Setujuh (TS), Karena jaji adalah hutang, hutang harus dibayar. orang yang menepati janji adalah orang-orang yang disukai oleh Allah.

9. Setiap saat setan menggoda manusia.

Setujuh (S), Karena setan tidak ingin sendiri di neraka mereka ingin manusia menemaninya.

10 Malas belajar adalah godaan setan.

Setujuh (S), Karena setan tidak ingin manusia berilmuh. Orang-orang yang berilmuh akan ditinggikan derajatnya oleh Allah Swt.

C. Mengerjakan tugas harus semangat!

1. Bagaimana caramu meneladani sifat terpuji para nabi dan rasul yang telah kamu pelajari di atas? Tuliskan jawabanmu di buku tugas!

Dengan membiasakan diri untuk sabar, rendah hati, dermawan dan rajin mengerjakan semua perintah Allah dan menjauhi larangannya, Kemudian kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 57-58

Kalian sebagai seorang siswa bisa mencari materi mengenai ayo berlatih (pelajaran 5 aku cinta nabi dan rasul) yang bisa diperoleh dengan mudah di internet. Kalian bisa mengdownload dengan versi pdf, disisi lain bisa kalian cetak atau print. Hal ini akan sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran dalam menghadapi ujian sekolah.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 101kb

Dalam perkembangan zaman, khusunya pada dunia pendidikan. Media pembelajaran seperti youtube, wad an google meet akan sangat mambantu bagi guru. Dalam menjelaskan mapel PAI, maka kalian bisa memperoleh berbagai cara yang memudahkan.

Lihat Juga:

Dengan menggunakan youtube, maka kalian bisa menjelaskan secara gamblang bagaimana sub penjelasan dalam materi. Strategi pembelajaran yang baik, bisa kalian ketemukan dengan mudah. Ketika guru belum memahami teknologi pembelajaran, maka bisa melihat di dalam tutorial youtube. Cara ini akan sangat memudahkan bagi guru.

Kendala teknologi untuk menyampaikan materi bisa di atasi dengan baik. Disisi lain, kalian bisa melakukan pengembangan diri dengan belajar kunci jawaban pai kelas 4 halaman 57, 58.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 57 58 Ayo Berlatih Pelajaran 5 Buku Siswa"