√ Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 44 45 Ayo Berlatih Pelajaran 4 Buku Siswa - Noes
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 44 45 Ayo Berlatih Pelajaran 4 Buku Siswa

Untuk maksimal dalam proses belajar baik di sekolah atau dirumah, seorang siswa perlu tekun dan giat. Siswa harus banyak membaca buku dan modul pembelajaran. Disisi lain, siswa meski memahami pembahasan pada setiap soal yang ada beserta kunci jawaban pai kelas 4 halaman 44, 45 yang tersedia di buku. Tidak hanya itu, kalian bisa menemukannya di dalam google.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 44-45

Berbagai macam metode pembelajaran dalam pembelajaran PAI, tentu bisa kalian pilih mana yang paling disukai. Misalnya, metode pembelajaran tanya jawab atau diskusi. Sebagai seorang siswa, kalian bisa menggunakan kedua metode tersebut untuk menguasai materi pembelajaran PAI yang ada. Dengan begitu, maka kalian akan memperoleh keuntungan yang besar.

Perlunya pembelajaran yang baik tentunya, bisa kalian peroleh dengan memaksimalkan cara mengajar. Hal ini adalah berasal dari guru, jika guru benar-benar bekerja secara professional, maka pembelajaran akan berjalan sangat menarik. Siswa yang di ajar juga sangat paham, tentunya hal ini akan sangat membantu siswa dalam menghadapi ujian.

Kalian sebagai guru bisa berhasil dalam melakukan pembelajaran, sedangkan siswa paham dengan apa yang disampaikan guru. Maka pembelajaran yang dilakukan ini tidak lain adalah pembelajaran yang berhasil. Maka guru harus meningkatkannya dengan baik. Disisi lain, pada pembelajaran PAI, akan sangat memberikan pemahaman yang menyeluruh kepada siswa.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 44 dan 45

Apa yang dimaksud dengan pembelajaran yang menyeluruh? Artinya mapel PAI ini memberikan banyak sekali manfaat dalam kehidupan siswa kelak. Karena PAI ini berkaitan dengan aspek agama Islam, yang di dalamnya mengajarkan tentang ibadah. Tidak hanya ibadah, dalam agama juga diajarkan tentang pola hidup bersih atau menjadi manusia yang bersikap baik.

Lihat Juga:

Ketika guru bisa menjelaskan materi dengan baik, sekaligus bisa mengajak muridnya berfikir maju. Maka proses belajar mengajar akan tampak menyenangkan. Disisi lain, kalian harus belajar soal dan kunci jawaban pai kelas 4 halaman 44, 45 pada buku atau lembar soal yang ada. Kalian akan memperoleh banyak pengetahuan agama Islam yang lebih luas.

PAI adalah mapel yang sama dengan mapel lainnya. Diujikan dalam setiap test akhir sekolah, dimana mapel yang lainnya adalah matematika, IPA, IPS, Pkn, dan lain sebagainya. Setiap mapel ini memiliki metode yang berbeda dalam menjelaskan materi dari guru. Misalnya mapel PAI yang sering disampaikan dengan metode ceramah. Meskipun terkadang memakai metode diskusi dan Tanya jawab.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 44

Ayo Berlatih
A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!

1.Apa arti suci ?

Suci artinya bebas dari najis. Najis adalah yang menjadikan terhalangnya seseorang untuk beribadah kepada Allah.

2.Apa arti bersih ?

Bersih artinya bebas dari kotoran.

3.Apakah ada perbedaan kotor dan najis? Jelaskan!

Najis membuat terhalangnya seseorang untuk beribadah kepada Allah, Sedangkan kotoran belum tentu menyebabkan seseorang terhalang beribadah tergantung jenis kotorannya. Najis sudah pasti termasuk kotoran tapi kotoran belum tentu najis.

4.Sebutkan contoh najis yang kamu ketahui!

Contoh najis antara lain erkena jilatan anjing, darah, kotoran/tinja, dan air seni/urin.

5.Sebutkan hal-hal yang harus bersih ketika Salat!

Hal-hal yang harus bersih ketika Salat antara lain badan, pakaian, dan tempat harus bersih dari kotoran dan najis.

6.Semua yang dipakai harus bersih. Sebutkan contohnya!

Contoh semua yang dipakai harus bersih, seperti baju, celana, peci/topi, tas, sepatu, sepeda, bangku, meja, lemari, rumah, dan lain-lain.

7. Apa yang dimaksud dengan hadas besar dan hadas kecil? Berikan contohnya!

Hadas besar adalah sesuatu yang menyebabkan seseorang harus melakukan mandi wajib. Contoh hadas besar, seperti mimpi basah bagi laki-laki dan haid bagi perempuan. Cara menghilangkan hadas besar adalah dengan mandi atau tayammum jika tidak ada air.

Hadas kecil adalah Sesuatu keadaan yang membatalkan wudhu seseorang. contohnya buang air seni, buang air besar, buang angin. Menghilangkannya dengan cara dicuci dengan air bersih, kemudian melakukan wudhu.

8.Apa yang dimaksud dengan istinja’?

Istinja adalah cara yang dilakukan seseorang untuk membersikan najis tinja seperti cebok.

9. Apa yang dimaksud dengan tayammum?

Tayammum adalah memindah debu suci ke wajah dan tangan dengan tujuan untuk menghilangkan atau membersikan diri dari hadas besar.

10. Apa alasan boleh mengerjakan tayammum? Jelaskan!

Alasan tayammum dapat dikerjakan apabila tidak ada air untuk digunakan dalam mensucikan diri dari hadas besar.

B. Isilah kolom setuju (S), tidak setuju (TS) dan tidak tahu (TT) dengan tanda (✔) berikut alasannya.

1. Untuk melaksanakan salat seseorang tidak perlu bersuci karena ia sudah mandi sampai bersih.

Tidak Setuju (TS) Karena mandi tidak bisa membuat kita terbebas dari najiz.

2 Setelah buang air kecil aku tidak suka bersih diri karena bersih diri itu merepotkan.

Tidak Setuju (TS) Karena bersih diri membuat kita terbebas dari hadas dan bersih diri merupakan pangkal kesehatan.

3. Bila hendak salat seseorang harus melakukan wudhu agar ia dalam keadaan suci.

Setuju (S) Karena berwudhu membuat kita terbebas dari hadas kecil dan membuat kita selalu dalam keadaan bersih dan sehat.

4 Salat itu beribadah kepada Allah yang diakhiri dengan salam.

Setuju (S) Karena salam merupakan rukun sholat yang terakhir dengan niat karena Allah.

5. Hanya orang yang salat saja perlu bersih.

Tidak Setuju (TS) Karena semua orang perlu bersih baik yang salat ataupun yang belum bisa salat. Bayi, balita yang tdak bisa salat juga perlu bersih karena bersih membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit.

6. Ada anak SD kelas IV, setiap saat wudhu-nya.

Setuju (S) karena dengan berwudhu setiap saat membuat kita terjaga kebersihannya dan dalam keadaan suci.

7. Melakukan wudhu tidak cocok dengan kesehatan.

Tidak Setuju (TS) Karena dengan berwudhu membut kita menjaddi bersih dan suci sangat cocok dengan kesehatan.

8. Melakukan wudhu boleh sambil bercanda agar tetap riang dan gembira.

Tidak Setuju (TS) Karena dengan berwudhu sambil bercanda akan membuat wudhu menjadi tidak khusuk dan niat karena Allah tidak terjaga.

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 45

C. Kerjakan Tugas

  • Ayo, peragakan tata cara berwu«u yang benar!
  • Ayo, peragakan tata cara mencuci benda bernajis!
  • Ayo, peragakan tata cara tayamum yang benar!

Untuk tugas ini, lakukan dengan cara memperagakan. Ikuti sesuai dengan petunjuk soalnya.

D. Tugas Kelompok

Ayo, membersihkan kelas dan lingkungan sekolah secara berkelompok!

Download Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 44-45

Kalian bisa melakukan proses download pada google, materi seperti ayo berlatih (pelajaran 4 bersih itu sehat) dengan sangat mudah. Kalian bisa menggunakan soal-soal yang ada pada materi ini untuk latihan, beserta dengan kunci jawaban yang ada. Sangat menarik, karena hal demikian akan sangat membantu pada siswa agar memperoleh nilai yang baik.

soal-dan-kunci-jawaban.pdf 141kb

Persoalan pembelajaran di masa covid-19, tidak lain adalah terletak pada efektifitas jam pembelajaran. Kalian yang hendak memperoleh nilai yang baik pada saat ujian nantinya, harus bisa memahami materi yang sudah di ajarkan oleh guru.

Lihat Juga:

Sebagai seorang siswa, pasti akan merasa senang jika memperoleh nilai yang baik pada saat ujian kelak. Kalian bisa download kunci jawaban pai kelas 4 halaman 44, 45 pula. Tidak hanya nilai PAI yang bagus, akan tetapi juga nilai-nilai yang lainnya, ada mapel yang diujikan secara nasional seperti misalnya bahasa inggris, matematika dan bahasa Indonesia.

Siswa bisa mendalami setiap materi yang ada pada saat pembelajaran berlangsung. Dengan begitu, maka proses pembelajaran yang kalian lakukan akan berjalan cukup maksimal.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 44 45 Ayo Berlatih Pelajaran 4 Buku Siswa"